Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu :
1. Kompetensi sikap spiritual
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Kompetensi sikap sosial
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Kompetensi pengetahuan
4. Kompetensi keterampilan
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahampi pengetahuan
(faktual, konspetual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4.
Mencoba, mengolah dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1.
Membuat generalisasi dari pola pada barisan
bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
4.1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
|
3.2.
Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
|
3.3.
Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan
fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik,
diagram, dan persamaan)
|
4.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi
|
3.4.
Menganalisis fungsi linear (sebagai
persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan
dengan masalah kontekstual
|
4.4.
Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
|
3.5.
Menjelaskan sistem persamaan linear dua
variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
|
4.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dua variabel
|
3.6.
Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras
dan tripel Pythagoras
|
4.6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
|
3.7.
Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling,
panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya
|
4.7.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya
|
3.8.
Menjelaskan garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya
|
4.8.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
garis singgung persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran
|
3.9.
Membedakan dan menentukan luas permukaan
dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas)
|
4.9.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan
limas), serta gabungannya
|
3.10.
Menganalisis data berdasarkan distribusi
data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil
kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
4.10.
Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran
data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
|
3.11.
Menjelaskan peluang empirik dan teoretik
suatu kejadian dari suatu percobaan
|
4.11.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar