Senin, 27 April 2020

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SMP KURIKULUM 2013 KELAS 7


Tujuan kurikulum mencakup  empat kompetensi, yaitu :

1.     Kompetensi sikap spiritual
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.     Kompetensi sikap sosial
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.     Kompetensi pengetahuan

4.     Kompetensi keterampilan

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI (KETERAMPILAN)
3.
Memahampi pengetahuan (faktual, konspetual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1.
Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen)
4.1.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal dan persen)
3.2.
Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
4.2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
3.3.
Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
4.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
3. 4.
Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
4. 4.
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan
3.5.
Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
4.5.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
3.6.
Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
4.6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.7.
Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
4.7.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
3.8.
Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik dan persamaan
4.8.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
3.9.
Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
4.9.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
3.10.
Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
4.10.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
3.11.
Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
4.11.
Menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan dengan luas dan keliling untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
3.12.
Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan lingkaran)
4.12.
Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar