Tujuan kurikulum mencakup
empat kompetensi, yaitu :
1. Kompetensi sikap spiritual
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. Kompetensi sikap sosial
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Kompetensi pengetahuan
4. Kompetensi keterampilan
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahampi pengetahuan
(faktual, konspetual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4.
Mencoba, mengolah dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1.
Menjelaskan dan
menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan
(biasa, campuran, desimal, dan persen)
|
4.1.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran,
desimal dan persen)
|
3.2.
Menjelaskan dan
melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan
berbagai sifat operasi
|
4.2.
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
3.3.
Menjelaskan dan
menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
positif dan negatif
|
4.3.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan
negatif
|
3. 4.
Menjelaskan himpunan,
himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan
melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
|
4. 4.
Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan
|
3.5.
Menjelaskan bentuk
aljabar dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian)
|
4.5.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
|
3.6.
Menjelaskan persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel dan penyelesaiannya
|
4.6.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
3.7.
Menjelaskan rasio dua
besaran (satuannya sama dan berbeda)
|
4.7.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
|
3.8.
Membedakan perbandingan
senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel data, grafik dan
persamaan
|
4.8.
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
3.9.
Mengenal dan
menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika sosial (penjualan,
pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto,
neto, tara)
|
4.9.
Menyelesaikan masalah
berkaitan dengan aritmetika sosial sosial (penjualan, pembelian, potongan,
keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
|
3.10.
Menganalisis hubungan
antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis
transversal
|
4.10.
Menyelesaikan masalah
berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang
dipotong oleh garis transversal
|
3.11.
Mengaitkan rumus
keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang,
belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
|
4.11.
Menyelesaikan masalah
kontekstual berkaitan dengan luas dan keliling untuk berbagai jenis segiempat
(persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan
layang-layang) dan segitiga
|
3.12.
Menganalisis hubungan
antara data dengan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang,
dan lingkaran)
|
4.12.
Menyajikan dan
menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar